Bismillah~
Setelah menyelesaikan hari pertama dengan mengaplikasikan "jangan buru-buru memberikan pertolongan," ternyata cukup ada efeknya pada Fatih. Frekuensi meminta tolong sesuatu yang sebetulnya bisa dilakukan oleh Fatih berkurang dari pagi hingga malam. Selain itu, hal itu juga berlanjut sampai hari ini! Yak, konsisten adalah "koentji" ~
Kemarin, suami bertanya pada Fatih, "Kakak, udah shalat belum?" Ternyata jawaban Fatih adalah, "Belum, kaka shalat cama mama." Laaah mamak lagi gak shalat terus ya gimana kan? huhuhu. Ya karena suami kerja dari pagi sampai malam, Fatih cuma bisa shalat bareng mamanya. Jadi kepikiran nih, sebetulnya Fatih udah sering ikut shalat, cuma ya belum pernah shalat sendiri. Padahal doi paling rajin ingetin mamanya, "Ma, udah adzan." Kenapa gak kepikiran ya untuk membiasakan Fatih shalat sendiri aja.
Hari ini saya coba Fatih untuk mau shalat sendiri. Waktu Dzuhur, diajak shalat masih belum mau, maunya sama saya. Akhirnya ya shalat bareng karena pas sayanya juga udah shalat, hehe. Pas Ashar, masih belum mau shalat sendiri, akhirnya ya sudah sama-sama lagi. Maghrib, tanpa disuruh Fatih langsung ambil posisi shalat dan shalat ngeduluin saya, hahaha. Nah, pas Isya, ternyata saya gak langsung shalat setelah adzan. Saya coba minta Fatih untuk shalat duluan, "Kak, coba kakak shalat duluan ya, mama bersihin dulu bekas kecoanya." Iya habis ada pembantaian kecoa tadi tuh, ckckck. Daaaan doi mau! Empat rakaat tanpa tahiyat awal dan suara dinyaringkan semua, hahaha. Akhirnya saya pura-pura kaget pas Fatih selesai salam, "Wah kakak hebat ih bisa shalat sendiri yaaa! Baca Fatihah sama Qulhu tadi hebaaaat!" Anaknya pun cengengesan~
Setelah itu, saya minta Fatih untuk shalat ulang buat saya rekam, bilangnya buat ke papah sama ke enin, eh doi langsung mau dan ngasih aba-aba untuk rekam, hahaha. Tanpa disuruh dan diarahin alhamdulillah Fatih bisa praktek shalat sendiri meskipun ruku dan sujudnya dikebut dan i'tidal diskip.
Yaa namanya juga masih belajar, yang penting anaknya mau aja dulu. Mudah-mudahan jadi modal awal biar kebiasa shalat dan nanti mah bukan mandiri disuruh shalatnya, tapi mandiri tanpa disuruh udah pergi shalat ke masjid ya :") Anaknya belum ngerti? Ya gak apa-apa. Pasti ada kok nilai yang tertanam dari pembiasaan sejak kecil. Bismillah aja, semoga membawa kebaikan. Semangat!
Yaa namanya juga masih belajar, yang penting anaknya mau aja dulu. Mudah-mudahan jadi modal awal biar kebiasa shalat dan nanti mah bukan mandiri disuruh shalatnya, tapi mandiri tanpa disuruh udah pergi shalat ke masjid ya :") Anaknya belum ngerti? Ya gak apa-apa. Pasti ada kok nilai yang tertanam dari pembiasaan sejak kecil. Bismillah aja, semoga membawa kebaikan. Semangat!
#hari2
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
Comments
Post a Comment