Pengalaman lahiran Fatih bener-bener jadi ladang pembelajaran. Hamil dan melahirkan itu perlu pengetahuan, gak pasrah gitu aja dan gak gampang kebawa "kata orang". Waktu sebelum SC dikasih opsi untuk langsung dipasang KB ya apalagi karena SC kan ya jadi perlu ada jarak aman untuk kehamilan selanjutnya. Cuma waktu itu karena opsi SC aja gak ada di persiapan ya apalagi soal KB-KBan 😅 Akhirnya dengan pede menolak pasang KB dengan niat cari-cari info dulu, gak maulah ya gegabah lagi ambil keputusan penting apalagi nyangkut sama tubuh aku.
Setelah melahirkan, cari-cari tahu tentang KB dan fix kayanya gak KB aja. Liat efek samping KB ke mama sama teteh-teteh gak ada yang cocok. Mau IUD tapi belum berani. Akhirnya yaudah gak KB aja~
Setahun, aman. Tahun kedua, bulan Januari telat haid. Ditespek positif garis samar 😂 Tespek lagi, eh garis dua lagi. Galau? Yaiya dooong, gak direncanain kaaan. Pergi deh ke klinik XXX. Kesan pertama, BT. Baru banget ke pendaftaran, mungkin liat Fatih masih kecil ya, masih 2 tahun, langsung ditembak, "Duh anaknya masih kecil kok udah hamil lagi." Hih. Apalagi pas ditanya lahirannya normal apa SC, langsung nyeletuk, "Wah kalau gitu ya nanti SC lagi." Elaaaah baru juga mau cek ini beneran hamil apa gak tapi udah judge ini itu males banget. Ternyata, gak cuma di pendaftaran, komen si dokternya pun samaaaaaa. Duh malesin banget asli. Qodarullah, ternyata pas dicek USG bahkan USG transvaginal si aku gak hamil. Pulanglah dengan kebingungan. Karena masih belum ngerasa yakin dan puas, minggu itu kita pulang ke Bandung sekalian cek ke dokter Anna. Pas di cek, ternyata beneran gak hamil, ehehe. Kata dokter Anna tunggu aja, bentar lagi juga haid, telat aja ini mah, false positive meskipun tespek beberapa kali. Eh bener aja, beberapa hari kemudian dapet banyak, jadi malu 😂
Awal tahun 2019, telat lagi. Kali ini lebih tenang dan bisa nerima karena ya jarak ama Fatih juga udah aman kan tiga tahun. Cari-cari obgyn di Karawang akhirnya jatuh ke dokter V. Belum nemu dokter yang sedetail dokter Anna tapi ya yasudahlah ya kita gak punya banyak pilihan juga. Fix positif dan mulai sounding ke Fatih bakalan punya dede bayi dan disuruh kontrol lagi dua minggu kemudian.
Jadwal kontrol selanjutnya ditunggu-tunggu banget. Meskipun sebetulnya buat kami agak kurang nyaman ya RSnya, mana jam prakteknya juga malem banget. Tapi....ada masalah pas pemeriksaan. Ukuran sama hitungan janin ga sesuai sama yang seharusnya. Akhirnya disuruh kontrol lagi dua minggu ke depan.
Waktu itu berasa gak ada masalah apa-apa, pikirannya ya mungkin kan masih awal kehamilan jadi wajar belum keliatan janin sama soal ukurannya. Pulang ke Bandung, main ke rumah teteh di Padalarang. Salahnya, main badminton 😅 Terus abis itu besoknya jalan-jalan. Pas mau sholat di masjid Unpad keluar flek, something went wrong.
Balik ke Karawang ternyata masih ngeflek. Coba cek ke dokter K di RS Karawang, terus ya gak diapa-apain :| Dikasih penguat katanya, ga disuruh bedrest apa gimana ya pulang lagi aja. Sampai akhirnya pas hari kesekian flek makin banyak. Ada rasa mules yang makin gak ketahan. Suami cepet-cepet disuruh pulang.
Sebelumnya masih dielus-elus sama Fatih, dibisik-bisikin, "Assalamu'alaikum dede bayi." Tiba-tiba jadi muncul rasa sakit keram di perut bawah. Datang-datang suami nanyain mau langsung ke dokter apa gimana, akhirnya yaudah suami disuruh daftar dulu aja sesuai jadwal dokter. Sementara suami ke RS, aku ke kamar mandi nyoba buat pup karena mikirnya mungkin ini mules pingin pup.
Kagetnya, ternyata bukannya keluar pup malah keluar darah segede kepalan tangan. Makin disiram air makin keliatan ada semacam kantung gitu. Difotoinlah ke suami, terus suami cepet-cepet pulang.
Mulai panik, kami niat cepet-cepet ke RS. Eh pas mau berangkat tiba-tiba kerasa banget ada yang keluar dari V. Ke kamar mandilah jadinya dan ternyata yang keluar itu gumpalan darah lebih gede dari telapak tangan sampai si celana emang berasa berat dan melorot. Ganti celana langsung berangkat ke rumah sakit. Sampai rumah sakit ternyata emang udah lewat gilirannya. Langsung masuk ke ruang periksa dan di VT daaaaan banyak darah di tangan dokter. Di USG udah gak berbentuk, keguguran. Selagi dokter nyaranin untuk kuret, berasa lagi ada yang keluar dari V gede banget. Saat itu juga mulai kunang-kunang, pusing, lemes, mual. Akhirnya yaudah langsung ambil tindakan kuretase. Selama di kursi roda, katanya itu darah ngucur sampai ke ruangan tindakan. Ya aku sih udah bodo amat ya, udah lemes gak jelas.
Daan begitulah cerita hamil sekejap dan melahirkan tanpa sadar. Keluarga dateng dari Bandung, mama sampe ngawaaskeun pas nyuciin celana sama baju yang penuh darah. Yah, belum waktunya Fatih punya adik.
Comments
Post a Comment