Hari ini hari kedua di rumah sakit pasca melahirkan anak ketiga. Tempat yang sama, tujuan yang sama, tapi ceritanya berbeda. Lima tahun. Gak kerasa ternyata pengalaman serba pertama itu sudah lewat dari lima tahun.
Waktu menikah, status itu masih mahasiswa. Rencananya sih mau menunda, tapi dasar pengantin baru yaaaa 🤠Jadilah kosong sebulan, dua kali period, terus hamil. Yang diinget pertama kali sebagai seorang yang jadwal periodnya teratur itu langsung tespek setelah telat 2-3 harian. Daaaaaan positif. Nangis~ Hahaha. Subuh-subuh liatin hasil tespek ke suami, gak ada adegan macam di film-film yang suaminya reflek nangis atau meluk atau muka seneng gimanaaaa gitu. Suami malah kaya yang bingung dan bilang, "Terus?" :"D
Kata suami, doi emang beneran bingung ini maksudnya apa, dan kenapa akunya nangis, wkwkwk. Terus akhirnya yaudah doi cuma bilang alhamdulillah~ Aku yang galau ini hamil terus kuliah gimana? Terus kaya emang lost aja gitu. Ampun ya dasar I was young and dumb~
Seneng? Ya sebenernya seneng kok, excited. Cuma emang beneran bingung aja gitu, gak persiapan sama sekali. Sampai akhirnya beneran disadarkan kalau hidup aku tuh udah beda, mau jadi seorang ibu.
Waktu itu cari-cari info periksa kehamilan dari temen yang udah lebih dulu punya anak. Dapetlah sebuah bidan kenamaan daerah X. Sehabis foto pre-wedding Siska ma Popon (ini momentum banget jadi inget, wkwkwk) akhirnya kami lanjut ke bidan buat periksa. Sampai di bidan ngarepnya bakalan di USG gitu kan, taunya dipegang-pegang aja gitu. Terus yang lebih mem-BT-kan adalah bidan-bidan mudanya berasa "aktif" sekali, Bun. Dengan cengengesan mereka nanya sambil nunjuk ke suami, "Ini adiknya ya? Abis keliatan masih muda." Suami kesenengan, aku kepanasan, hrrrrrrrr~ Fix blacklist! Haha.
Terus mama juga akhirnya tanya-tanya ke tetangga rekomendasi dokter obgyn karena aku pinginnya yang bisa USG. Dapetlah rekomendasi ke RS X dan sempet sekitar 2-3 kali periksa disitu. Kesan yang didapet? Dokternya gak asyique 🙈 Maksudnya gak begitu informatiflah. Singkat, padat, kurang jelas. Masuk ruang periksa, usg, print, kasih obat, beres. Aku yang excited buat USG merasa gak terpuaskan~ Sampai akhirnya pas bikin rujukan dari perusahaan suami direkomendasiin mending ke Hermina Pasteur aja. Mulailah cari-cari dokter dan alhamdulillah ketemu sama dokter Anna.
Tiap bulan semangat buat kontrol, amaze liat perkembangan dede bayi dalem perut. Drama? Oh tentu ada~ Udahlah pokoknya hamil Fatih tuh sebenernya banyak banget dramanya 😂 Sering nangis, mana LDR juga ama suami.
Internet masih gak sekenceng dan seinformatif kaya sekarang. Akunya juga bener-bener minim ilmu tentang kehamilan dan melahirkan. Syantai aja say kaya di pantai~ Hamil Fatih sambil kuliah, naik motor Cimahi-UPI, jalan naik turun gunung di kampus. Hamil berasa masih gadis ajalah pokoke.
Waktu itu masih 36 week, naik bis damri yang baru peremajaan jadi berasa wah gitu, haha. Jalan-jalan ke Tegalega, nahan pipis sampe akhirnya pipis di WC umum yang errrrr ah gitulah 😂 Besoknya ngeflek yang akhirnya baru tahu kalau itu tuh namanya Mucus Plug. Catet~
Akunya ngeflek terus-terusan, gak gebyor tapi ya emang tipis-tipis aja gitu. Tanya-tanya ke temen yang pengalaman terus yang jadi bidan juga katanya wajar, tunggu aja, sabar. Lagi proses penipisan rahim dan pas cek ke dokter Anna juga baru bukaan satu. Masih disuruh pulang lagi. TAPIIII hal ini tuh hal baru khususon di keluarga aku. Jadi heboh gitulah takut kenapa-kenapa cenah. Dari nenek, bibi, sepupu, pada dateng gantian nanyain keadaan. Buat mereka hal ini tuh gak wajar, aneh. Soalnya kalau lahiran itu harus mules dulu atau ketubannya pecah dulu YANG SEBETULNYA kalau ketuban pecah itu justru gak bagus zeyeng, later I know~
Terus waktu itu diajak mama jalan-jalan ke rumah teh Ida. Pas di teh Ida kerasa banget tiba-tiba mules sampe aku minta pulang aja. Udah mulai panik sampe nelpon teh nel, ngabarin mertua juga. In the end, ternyata itu tuh mulesnya mules pingin pup doang gaes 🙈 Tapi keluarga kepalang panik karena emang ngefleknya ya makin banyak takut kenapa-kenapa. Akhirnya mutusin ke rumah sakit pas banget dokter Anna lagi praktek. Di VT yang sakit beud sampe akunya muntah 😂 Dokter Anna nyuruh pulang lagi aja karena emang bukaan baru 2, masih lama lah ya, tapi keluarga takut terus minta ke dokter Anna buat dirawat aja. Takut kalau pulang dulu nanti mau lahiran malah kejebak macet dll gitulah. Ya mungkin dokter Anna diminta keluarga gitu yaudah deh akhirnya ngirim aku ke ruang bersalin.
Emang dasar belum waktunya ya, itu di ruang bersalin aku nyantai banget. Gak ada mules gak ada apa 🙄 Sampe sempet diminta keluar ruangan 2 kali karena ada yang mau lahiran, wkwkwk. Terus suami dateng dari Karawang, nemenin di ruang bersalin. Semaleman yang sebelah aduh alah, aku ama suami masih bisa ketawa-ketawa kaya pindah tempat tidur doang 😂 Gak ada progress, akhirnya dokter Anna nyaranin induksi. Satu labu, dua labu, mulesnya makin aduhai tapi pembukaan mentok di bukaan 3-4 😅 Pas suami jum'atan dokter Anna datang buat pecahin ketuban karena ya mentok di bukaan 4. Selang beberapa jam, bukaan gak maju-maju, ketuban udah pecah, anak udah harus dikeluarin. Jadilah keluar tindakan harus di SC :")
Aku? Nangis pas disuruh SC 😂 Bener-bener di luar rencana dan yang bikin galau suami pernah bilang pingin punya anak 5. Ya jadi kepikiran kalau SC mana bisa punya anak 5 gitu kaaaaan. Tambah nangislah akunya.
Nasi jadi bubur, mau gak mau ya harus SC. Keluarlah Fatih~ BBnya cuma 2,5 kg doang :") Dan percaya deh abis SC itu sungguh menyiksa 🥺 Susah buat ngebalik kanan kiri, sakit buat duduk, perjuangan banget buat jalan. Ah pokoknya ampun deh sakitnya. Ngeluarin bayi kayanya gak lebih dari lima menit, tapi sakit seudahnya lamaaaaaaaa banget. Paling diinget tuh beres mandi di rumah mertua, mau pake celana kerasa sakit di luka bekas SC. Sampe nangis nahan sakitnya, gak jelas lukanya tapi sakit banget berasa dicabik-cabik, ya Allah~
Etapi ada yang lebih sakit deeng, omongan orang-orang~ Disebut pemales lah, kurang gerak lah, anaknya bakalan sedikitlah, bakalan SC lagi lah, daaaan sajabana. Panas hati panas telinga~
Lahiran Fatih jadi pengalaman yang bener-bener bikin buka mata kalau aku tuh bener-bener clueless soal hamil dan melahirkan. Bener loh ya, anak pertama itu justru jadi guru buat kami yang katanya mau jadi orang tua :")
Comments
Post a Comment