Dulu, aku tuh gak pernah masak. Ikutan ke dapur paling kalau ada acara keluarga bagian ngupas-ngupas atau potong-potong. Semenjak SMP sampai kuliah, disibukkin buat belajar, organisasi, kerja sampingan demi beasiswa sekaligus nyari cuan. Masak? Jarang banget, tau-tau tiap pagi udah dibekelin kotak makan biar hemat; Porsi kuli tapi murah, ntap.
Pertama kali mulai mau gak mau harus masak pas di Camrose. Itupun masaknya sat set gak ribet karena gak banyak rempah gak banyak bumbu. Tiap hari nyiapin kotak bekel sendiri, masak makanan yang praktis abis tapi keliatan mewah kaya di akun Tasty, wkwkwk. Bisa banget catch up sama masakan sana soalnya emang gak butuh banyak "rasa". Jadi hambar juga yaudah tinggal tambah saos tomat atau sriracha yowes enak. Balik ke Tidung jadi anak mamih lagi, punya hostmom yang jago masak, aku dimanja gak pernah masak, tinggal makan aja, wkwkwk. Beres program, beberapa bulan kemudian nikah, dan jreng, harus masak buat berdua 😂
Diinget-inget itu lucu sih, dulu baru bisa bedain kencur, lengkuas, jahe, gitu-gitu pas udah nikah. Apalagi soal kapulaga, jinten, dan rempah-rempah lainnya, baru banget tau gara-gara mau masak sesuatu dan akhirnya diajarin sama mamang-mamang tukang bumbu di pasar 🙈 Berhubung dulu tuh suami pulang buat makan siang, jadi 1 hari itu 3 kali masak dengan menu yang berbeda-beda. Yang paling memorable adalah peeeeeertama kalinya masak capcay, so so'an banget emang anaknya tuh. Tampilan, buyatak. Rasa, asin gak jelas. Sedihlah pokoknya mah. Yang paling sedih adalah meskipun disumputin tapi ketauan dan tetep dimakan sama suami, HAHAHA kasian banget. Untung masih awal-awal nikah masih bucin ya jadi masih, "Enak ko gak aneh" dan abis 🤣
Sampai akhirnya punya Fatih, aku makin sering eksperimen sampai-sampai ngesave resep segini banyak 😂
Apakah setelah 6 tahun lebih menikah jadi jago masak? Oh tentu tidak~ Kadang pingiiiin banget kaya orang-orang bisa masakin buat mertuanya. Tapi ya jangankan masak buat mertua, buat bocil yang simpel aja rasa masakanku gak pernah konsisten 🥺 Selama ini masakin buat suami ama anak-anak tuh rasa nomer sekian, yang penting edible :") Sedih? Iya dong. Mana berani aku masakin buat mertua, kadang masakin buat mama sendiri aja kasian, pas diicipin suka dibumbuin lagi soalnya emang gak jelas rasanya gimana 😂
Dulu, gak pernah kepikiran emang kudu bisa masak. Kerjaan rumah lain emang udah biasa, penyesalan satu-satunya adalah kenapaaaaaa dulu gak dibiasain masaaaak 😅 Jadi kan kalau mama atau mertua ke rumah gak perlu pada bekel masakan, bisa aku yang nyediain. Atau ya kaya istrinya temen-temen suami, pas temen suaminya main ke rumah, dimasakin liliwetan, nyambel, ya apapun itu pokonya. Mungkin ini hikmah kenapa aku punya anak 3 umurnya deketan, biar ada alasan kerepotan jadi gak bisa masak buat orang-orang :")
Ratusan resep udah disave, tapi setelah ada anak 3 masaknya ituuuuu mulu yang gampang sampai aku aja bosen masakinnya. Kemarin-kemarin mulai deh buka-buka paririmbon lagi. Masalahnya, sekarang punya anak yang usianya mau 6 tahun, penuh kejujuran, lidahnya udah banyak icip ini itu, bahkan makan siangnya cateringan dari sekolahnya. Jadi pas makan masakan aku udah bisa komentar, "Mamah, makanannya gak enak." 😅
Kalau biasanya anak-anak itu kangen masakan mamanya, anak-anakku kayanya gak akan kaya gitu kali ya 😂
Kaya kejadian kemarin malem tuh, aku coba masak bihun kecap gitu. Terakhir masak menu bihun gitu pas masih di rumah jingga, lebih dari 2 tahun yang lalu 😂 Kemarin nyoba lagi masak dengan resep yang lebih ramah anak, gak pake cabe gendot. Hasilnya, Fatih gak ngabisin makanannya dan bilang "Kakak gak suka bihunnya, gak enak." Fatih emang gitu kan ya, bilang berkali-kali coba buat jelasin gak sukanya kenapa. Aku yang lagi nyuapin Hanif ngeh banget suami di belakang nyuruh Fatih jangan ngomen masakan aku lagi, hahaha. Nyes banget emang ke hati tuh :") Kadang aku suka mikir, aku tuh udah cape ngurusin suami, anak-anak, rumah seharian, dan udah ngusahain buat masak. Tapi kalau ujung-ujungnya gak enak, gak dimakan, yaudah tau gitu mending aku gak usah masak aja, save waktu, tenaga, lidah, dan perut (tapi gak save di kantong, hahaha). Terus berantem tuh di otak aku tuh antara pemikiran yang itu sama yang bilang, "Gapapaaaa yok perbaikin yok, makin sering masak makin kelatih nantinya. Sekarang kurang enak, yok cari lagi gimana bikin yang enak. Jangan baper, jangan baper." Tapi ujung-ujungnya tetep baper, wkwkwk. Makin insecure dah.
Ya intinya begitu dah. Maaf ya punya istri dan mama yang gak bisa masak.
Comments
Post a Comment