Ada yang post kalau menjadi ibu itu berarti siap bekerja 24x7, gak ada libur, gak bisa resign. Denger kata resign aja kok serem ya :( Naudzubillah ya jangan sampai resign jadi seorang istri dan ibu, huhu.
Pernyataan itu bener juga sih, kalau disebut pekerjaan, jadi ibu buat aku pribadi adalah hal yang paling melelahkan sekaligus menyenangkan. Dalam artian, cape sih, tapi ya tetep aja dikerjain. Ngeluh tapi ya tetep aja semuanya beres, wkwkwk. Pokoknya, hidup aku berubah total semenjak nikah apalagi pas punya anak, yang sekarang jumlahnya mau tiga, huehuehue~
Punya satu toddler dan satu bayi yang belum genap setahun etapi sekarang hamil lagi itu jadi sesuatu yang wow banget. Capenya berlipat-lipat terutama karena kondisi fisik juga yang kepengaruhin sama kehamilan. Sakit kaki, sakit punggung, sakit dada, ah sakit sebadan-badan pokoknya segala kerasa. But life must go on~ Kalau gak dikerjain sama aku ya mau sama siapa lageeee~ Kadang stres ketika targetan kudu beres A B C tapi taunya A doang gak beres-beres. Nurunin ekspektasi bukan solusi, karena nyatanya itu bukan ekspektasi, tapi ya kebutuhan. Kaya nyuci baju, ekspektasi hari ini beres cuci baju ya gak bisa diturunin karena ternyata udah gak ada stok lagi :") Jadi beneran berasa dikejar setoran aja gitu sama tugas-tugas domestik begini.
Suami mulai buka diskusi dengan nanya kira-kira ada rekomendasi gak siapa yang bisa bantu aku di rumah. Sekarang juga jujur sih udah cukup kewalahan, perut makin gede, anak makin lincah, kerjaan domestik ngantri buat diberesin. Tapi ya belum kebayang aja siapa yang mau bantu, pun kayanya aku agak kurang nyaman kalau ada orang yang diem di rumah. Trust issue, no?
Terus aku coba ngajak gimana kalau kita bagi tugas aja, jadi suami bantu kerjaan rumah juga gitu biar gak semuanya ama aku. Sempet ngobrol ama teteh dan mba sepengajian yang sama-sama kurang nyaman pakai ART dan akhirnya bagi tugas ama suaminya. Lalu suami jawab, "Ya mereka kerjanya 8 jam tok, aa kan lebih, belum di jalan." Hmm, understandable...
Sejauh ini, pola yang cocok buat aku itu beres-beres malem hari. Jadi anak sama suami tidur, aku beres-beres semuanya. Biasanya ampe jam 1-2 an, abis itu baru tidur. Sekarang udah jam 3, baru beres nyetrika dan unpacking belanjaan terus akunya gak bisa tidur 😂 Kalau rumah beres gini, waras juga ke akunya, hahaha.
Balik lagi, cape gak sih kaya gini polanya? Ya cape. Jadi kurang tidur, siang mau tidurpun gak bisa karena kalau gak salah satu anak masih melek, ya dipake masak atau beberes juga, endless ya~ Cuma ya itu, tetep dilakuin demi kehidupan yang aman sentosa~
Ngomongin soal pelarian, ada pingin kabur gitu? Engga, eh iya, eh tapi gak gitu juga sih 😂 Jadi, pelarian buat aku adalah ketika ke Bandung, diem di rumah orang tua atau mertua 🙈 Berdosanya aku ya yampun, huhu. Ketika di rumah sendiri, I should be strong, I handle everything, I am the MOM. Tapiiiii, kalau di Bandung, I feel like I am a half mom, a half daughter. Lebih ngerasa jadi anak deng, hahaha.
Pulang ke rumah orang tua itu, berasa jadi anak lagi. Kaya ngelepas jubah istri dan ibu sejenak. Yang paling utama adalah gak usah masak, HAHAHA. Tinggal makan, ya Allah surga banget itu 😠Kalau di rumah sendiri yang diutamain makan anak-anak dulu, kadang aku skip makan. Udah laper tapi belum masak, pas masak udah ilang duluan rasa lapernya dikejar buat ngerjain yang lain. Tapi kalau di rumah orang tua, makanan siap sedia. Terus terus aku juga bisa tidur cukup soalnya ya itu tadi gak dikejar kerjaan domestik dan khususon masak yang really takes time buat aku. Dasar aku jahat ya sama orang tua, huhu.
Ya gitulah, ke rumah orang tua itu berasa pelarian. Keluar dari rutinitas sebagai istri dan ibu (ya gak 100% sih tapi mayan berkurang banyaaaak). Berasa "gadis" lagi. Yang sebenernya salah sih ya tapi da gimana atuh dengan gak masak dan bisa tidur cukup di rumah orang tua tuh rezeki banget buat aku 😠Pernah sih mamah cerita kalau misalnya ke tetehku yang A ke rumah atau mama main ke rumahnya, segala dihandle ama tetehku itu, jadi mamah tinggal santai-santai aja dan mama seneng kaya gitu. Beda ama teteh B yang segala harus disiapin ama mamah, gak pernah bantuin, mau di rumah mamah atau di rumahnya sendiri. Terus aku masuk yang mana? Aku mah bantuin yang sekiranya bisa aku bantu aja 😂 Minimal aku ngerjain yang emang buat keperluan aku kaya nyuci, beres-beres kamar. Masak biasanya tetep dimasakin 🙈 Dari dulu gak dibiasain masak, ya gak bisa kaya tetehku yang A deh, dari kecil emang diprospek buat bantuin mama jadi rajinnya soal beberes rumah dan masak juga nurun ke beliau :")
Gitu juga kalau di rumah mertua. Aku gak enak kalau lama-lama di mertua. Mau bantu-bantu gak becus, masak gak bisa, terus punya mama mertua gesit banget 😠Rumah mertua itu rumah yang bisa bikin aku ngerasa emang jadi anaknya literally anak yang segala disediain aja gitu 😠Cape kurang tidur, masak yang itu-itu lagi, dikejar-kejar urusan domestik, berasa keobatin kalau udah di rumah mertua. Aku berasa beneran rehat dari kesibukan sehari-hari. Ya cuma malu aja karena gak bisa apa-apa dan berasa jadi parasit selama di rumahnya 🙈 Yampun maafkan aku ðŸ˜ðŸ™ˆ
Di satu sisi, pandanganku soal jadi "Mama" itu, emang jadi tujuan pulang terbaik buat anak-anaknya, jadi tempat melepas penat, tempat ternyaman, tempat untuk recharge energi sebelum balik ke peran di dunia luar. Di lain sisi, gak mau juga ngerepotin terus-terusan, udah makin tua bukannya gantian kita yang ngurus eh tapi malah kita yang masih diurus. Hmm, bingung ya? 😂 Gak taulah ini juga nulis yang lagi kepikiran aja di kepala, ehehe. Karena kadang akupun ngerasa cape sama rutinitas ini dan butuh pelarian. Pelarian untuk recharge...
Comments
Post a Comment